Cara Menjalankan Dan Membuat Tabel Microsoft Acces 2013

Matkul : Basis Data
Dosen : Ratna Mutu Manikam,S.Kom,MT
Waktu : Senin, 13.15 - 15.45
Sistem Informasi - Universitas Mercu Buana

Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.(Wikipedia)
Dengan kata lain Microsoft Access merupakan program pembuat basis data yang memungkinkan siapa saja untuk membuat dan mengelola basis data.

Lalu bagaimana cara agar kita dapat mengakses Microsoft Acces ?
1. Pastikan komputer laptop anda terinstall Microsoft Office di karenakan Microsoft Access merupakan bagian dari Microsoft Office.Jika tidak ada, silahkan download Microsoft Office terlebih dahulu di website Microsoft atau di link beringkut :
https://www.microsoft.com/id-id/download/office.aspx?q=office.
2. Jika sudah, buka program Microsoft Access
3. Dikarenakan saya menggunakan Windows 8.1 dan menggunakan Microsoft Office 2013 maka cara membuka Microsoft Access yaitu : 
- Klik Start.
- Cari Program bernama Access 2013.
- Jika tidak ketemu ke program search lalu ketik "Access".
- Kemudian klik program Access 2013.
4. Jika sudah terbuka program Microsoft Access lalu klik Blank desktop database.
5. Kemudian, masukan nama database yang akan dibuat.
6. Jika sudah klik Create

sekarang anda dapat membuat database pada program Microsoft Access yang pertama di lakukan adalah dengan membuat tabel.
Langkah pertama adalah :

1.Klik view kemudian pilih Design View
2.Kemudian Access akan meminta memasukan nama Tabel, untuk contoh saat ini ketik "data mahasiswa".
3. Kemudian akan masuk ke dalam modifikasi tabel dimana kita harus memberikan field - field yang nanti nya akan dijadikan record - record di dalam database atau tabel.
4. Buatlah Field -Field nama yang sudah disediakan di dalam masing - masing kotak
a. Field Name : buat field yang nanti nya akan dijadikan masukan data.
b. Data Type : tipe - tipe data.
c. Description : keterangan dari field yang dimasukkan (boleh diisi/boleh tidak diisi).

5. Field - field yang sudah diberikan nama dan data type nya.

Setiap field yang dibuat, harus ditentukan batas maksimum karakter (huruf) yang dapat diinput. Penentuan batas maksimum dibuat pada field Properties seperti gambar di atas. Field nama telah ditentukan maksimum huruf yang dapat dimasukkan adalah 30 huruf, maka pada field properties field size dirubah menjadi 30.

Sampai disini sudah di jelaskan bagaimana cara membuat tabel (database) pada Microsoft Access 2013. Setelah Database sudah selesai dibuat dan diberikan nama. Selanjutnya adalah membuat Form atau Tampilan layar. Cara Membuatnya di link berikut :

0 komentar: